4 Gaya Bermain Poker Dasar

Poker adalah permainan matematika, “probabilitas,” dan keterampilan pengamatan daripada keberuntungan. Sementara keberuntungan mungkin memiliki pengaruh pada tingkat kemenangan Anda dalam jangka pendek, pro telah menjadi pro setelah bertahun-tahun mengasah keterampilan mereka dan mengembangkan kepribadian dan gaya bermain yang “benar”.

Pemain poker dapat dipecah menjadi empat kategori dasar berdasarkan gaya bermain mereka: pasif vs agresif dan ketat vs longgar. Seringkali, orang memiliki kombinasi gaya yang mengikuti pola berikut:

Longgar-pasif
Pasif-ketat
Longgar-agresif
Agresif ketat

Dengan mengetahui kategori ini dan kombinasi gaya bermain yang umum, Anda dapat menentukan lawan Anda dan menggunakan pengetahuan Anda tentang gaya mereka untuk mengalahkan mereka atau setidaknya meningkatkan tingkat kemenangan Anda.

Longgar-pasif

Pemain dengan kepribadian kombo ini sering tertatih-tatih ke dalam beberapa pot, memanggil kenaikan gaji demi melihat kegagalan dan bertahan di hampir setiap kesempatan. Sederhananya, mereka lebih suka orang lain mengambil risiko dan jarang mengambil risiko.

Sementara pemula sering memiliki kepribadian kombo ini, beberapa orang yang telah bermain poker untuk waktu yang lama masih menggunakan pendekatan ini di mana mereka terutama melakukan panggilan, terutama dalam permainan dengan pembelian rendah.

Anda tidak akan menggertak pemain pasif-longgar tidak seperti pemain pasif-ketat, tetapi setidaknya mereka sangat mudah dikenali. Dan begitu Anda melakukannya, Anda dapat memanfaatkannya setiap kali Anda mendapatkan tangan yang cukup kuat.

Pasif-ketat

Secara umum, pemain pasif yang ketat sering hanya memanggil preflop ketika mereka memiliki tangan yang mereka sukai dan tidak memainkan banyak pot dibandingkan dengan yang lain. Seperti namanya, gaya bermain mereka sangat ketat sehingga lawan lain hanya melipat. Akibatnya, mereka tidak pandai mengambil keuntungan dari memiliki tangan yang baik.

Selain itu, para pemain ini memiliki rasa takut yang melekat pada kekalahan, sehingga mereka tidak akan mengambil tembakan, sehingga memudahkan Anda untuk menggertak mereka terutama ketika mereka melihat Ace dan kartu papan menakutkan lainnya.

Longgar-agresif

Pemain dengan gaya kombinasi ini sering bertaruh pada sebagian besar flop dan menaikkan atau menaikkan kembali berbagai preflop tangan; ini membuat mereka sulit dibaca karena mereka memainkan rentang tangan yang luas.

Dosis yang sehat dari gaya bermain kombo ini dapat membuat Anda menjadi pemain yang terampil, terutama di hold’em tanpa batas di mana Anda dapat memberikan tekanan terhadap lawan Anda dan menggunakan chip Anda untuk melawan mereka. Dan karena Anda memiliki kemampuan menggunakan gertakan dengan benar, ini juga akan menyulitkan orang lain untuk bermain melawan Anda.

Namun di sisi lain spektrum, menjadi terlalu agresif—artinya Anda beternak hanya demi beternak—dapat mengubah Anda menjadi sapi pemerah susu yang sempurna bagi lawan Anda, setidaknya dalam jangka panjang.

Agresif ketat

Pemain yang termasuk dalam kategori gaya bermain ini sangat selektif sampai-sampai mereka hanya memainkan kartu awal terbaik, yang berarti mereka tidak memainkan banyak tempat. Dan tidak seperti pemain ketat-pasif, mereka tidak takut bertaruh dan akan menyerang ketika kartu mereka cukup kuat.

Pemain agresif ketat yang terampil sering disebut sebagai “hiu” karena gaya mereka yang sangat efektif terlepas dari struktur taruhan dan variasi permainan. Untuk alasan ini, Anda tidak ingin melawan tipe pemain yang memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa mereka memiliki tangan yang paling kuat dan dengan demikian akan terlipat di bawah tekanan.

Kesimpulan

Perhatikan bahwa tidak semua orang cocok dengan gaya bermain poker ini dengan sempurna dan beberapa orang mengubah gaya mereka tergantung pada suasana hati mereka. Namun demikian, mengamati kecenderungan pemain lain dapat membantu Anda dengan permainan probabilitas matematis ini.

Selain itu, jumlah agresi yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan kemenangan, terutama dengan hold’em. Faktanya, menghilangkan agresi sama sekali adalah strategi yang salah karena poker adalah tentang mengambil risiko yang terdidik.

Author: Stella Castillo